Di awal-awal kehidupan kalian ... Dimana jalan yang akan ditempuh, insya allah masih panjang ... Jangan pernah lupa untuk sesekali menengok ke belakang, kenangan-kenangan yang nantinya menjadi bekal untukmu melangkah di masa datang ...

 
Wednesday, February 21, 2007
Cita-Cita Naila
 

Tadi malam, ketika sedang menemani Naila belajar, sama-sama sedang duduk di Tempat Tidur. Tiba-tiba:

Naila (N) : Mamah, aku klo sdh besar nanti pengen jadi Guru aja.
Mamah (M) : Boleh, makanya harus rajin belajar, kalau jadi Guru kan harus pinter.
[Pesan sponsor nan klasik ini selalu Mamah kumandangkan ...hihihi...]
N : Mamah tahu ngga kenapa aku pengen jadi Guru dan ngga mau jadi Pelukis terkenal lagi ?
M : Ngga. Kenapa ??
N : Karena kalau jadi Guru itu gajinya 700 ribu lho..
M : ???!!!
N : WOW... 700 ribu sebulan !!! Kalau setahun jadiiii (*ngitung dulu luar kepala*)... Jadi 8 Juta 400 ribu.... WOW... Uangnya banyaaaaak sekaliiii...(Sambil melemparkan badan ke kasur, membayangkan jadi Onkel Dagobert yang sedang 'mandi uang')
M (baru bisa bereaksi setelah terpana beberapa detik, sambil menahan senyum) : Kata siapa Guru gajinya 700 ribu ?
N : Kata pa Eli (wali kelas Naila). Tadi kan ada PMB*, trus papanya Kiki (Chef Kamal) yang cerita tentang pekerjaannya menjadi Koki. Aku sih ngga mau jadi Koki, tadinya cita-citaku jadi Pelukis Terkenal, tapi setelah dikasih tahu pa Eli gaji guru itu 700 ribu, aku mau jadi Guru saja.
M (mencoba meluruskan motivasi ke 'arah yang benar' ...hehehe) : Jadi Guru itu memang pekerjaan mulia. Bisa beribadah sambil bekerja, karena membagi-bagikan ilmu itu termasuk ibadah lho..

Mudah2an 15-20 tahun nanti, dikala Naila betul-betul menggapai cita-citanya menjadi Guru (dengan syarat tidak terjadi perubahan arah angin di tahun-tahun mendatang :-)), Kesejahteraan para Guru sudah meningkat. Tidak ada lagi cerita si Oemar Bakri. Sehingga mereka yang menjadi Guru betul-betul bisa berkonsentrasi dalam dunia pendidikan demi kemajuan bangsa. Amin.

Untuk seorang anak yang TIDAK setiap hari dapat uang saku, nilai nominal uang 700 ribu tentunya sangat besar sekali. Jadi mohon dimaklumi reaksinya Naila yaa... :-).

Kejadian ini toh membuat Mamah berfikir ulang, tentang perlu atau tidaknya memberikan uang
saku pada anak. Mungkin sudah saatnya Naila 'praktek' memanage uang, sehingga Naila bisa tahu 'value' suatu barang. Selama ini Naila jarang diberi uang saku, karena Mamah lebih prefer membekali Naila dengan makanan dari rumah. Ada hari-hari tertentu, dimana Naila extra meminta uang untuk 'jajan', barulah Mamah berikan uang, itu pun dengan interogasi dulu, apa yang akan dibelinya dengan uang itu. Di awal tahun pelajaran, ketika Naila naik kelas 3, Mamah sudah memulai memberi uang saku setiap harinya. Tapi melihat apa yang dibelinya, serta bagaimana Naila 'menelantarkan' sisa uang jajannya, padahal sudah Mamah belikan dompet pink yang mungil, Mamah mengambil kesimpulan, Naila belum bisa 'memanage' keuangannya sendiri. Akhirnya Mamah kembali ke kebiasaan awal: membekali Naila makanan dari rumah, dan memberikan uang hanya apabila Naila meminta, dan sudah menjelaskan di awal, apa yang akan dibelinya dengan uang itu. Or any suggestion?

:-)

PS:
*PMB : Pengembangan Minat & Bakat, adalah salah satu program dari Sekolah Naila, untuk mengenalkan berbagai jenis bidang pekerjaan kepada anak-anak. Biasanya pihak Sekolah, mengundang salah seorang orang tua murid, yang kemudian bercerita tentang pekerjaannya di hadapan anak-anak.
posted by Amalia @ 9:39 AM  
11 Comments:
  • At 1:29 PM, Blogger Sita, Bunda-nya Calya said…

    Makin kagum saja dengan mbakyu-ku yang satu ini. Bener2 mamah yang baik. Terus menulis ya mbak, biar aku bisa belajar dari pengalaman mbak Amel dalam mendidik anak.
    Sori, ga bisa memberi pendapat, belum pengalaman dalam soal uang jajan anak nih...hehehe

     
  • At 2:26 PM, Anonymous Anonymous said…

    dulu aku anak sekolah yg uang jajannya paling minim diantara seantero sekolah, bahkan smp kuliah aku ga dikasih HP. Papa blg kl papa yg bliin artinya itu HP papa, terbukti ndorong aku tuk cari uang sndiri n ahirnya aku jualan. HP kebeli, alhamdulillah.. N PUAS!!
    Uang saku yg minim ngelatih jg kok mba pd akhirnya, kt tau jaga diri kita.. Tp skg kok pas udh pny uang sendiri kdg over control hahahaha... Gak lah, cuma kadang suka semena-mena mentang2 tiap tgl 25 gajian hihihihi......

     
  • At 9:19 AM, Blogger Lita Uditomo said…

    mbak Amel..
    tadinya aku pake cara spt mbak amel. tapi kok lama2 jadi ngga terkontrol ya uang jajannya..

    jadi kayaknya mmg anak-anak hrs dilatih untuk 'mengelola' uang saku sejak kecil sih..

    anak-anakku mulai dikasih uang saku mingguan di luar ongkos angkot waktu segede Naila, dan ngga boleh minta lagi di luar itu...harusnya sih cukup utk jajan sedikit, dan beli pulsa secukupnya...

    kalo dia pengen beli apa2 ya kudu nabung dulu sampe duitnya cukup...bela2in ngga jajan...;)

     
  • At 10:17 PM, Anonymous Anonymous said…

    Gaji guru 700 ribu dan Naila sungguh bahagia... Wah, Naila memang cocok jadi guru krn dengan uang segitu aja bisa bahagia hehehe...
    *jadi inget diri sendiri*

     
  • At 5:15 AM, Blogger Ninis said…

    Kesan pertama: Hik ... lirikannya Kak Naila ... deueueuh :D

    Mbak, ikutan2 ngasih komen ya, meski aku belom pengalaman ngasih uang saku ke anak ... hihihi ...

    Kalo aku lebih cenderung ngasih bekal makanan ke sekolah kayak yang Mbak terapkan sampai sekarang itu, sebelum anak2 berusia baligh *hihi...apa sihhh :D*
    Yah kira2 seusia SMP gitu deh *disini gak ada SMP seh :D*

    Dan kalaupun aku ngasih uang saku, pasti terbatas! Misalnya Rp 10.000,- seminggu. Ya udah itu aja, cukup nggak cukup! Kalau pengen sesuatu ya uang saku itu harus ditabung :) Tunggu sampai terkumpul, baru bisa bela beli deh!

    Aku seriiiing banget liat disini anak umur 7-8 tahunan bawaannya HP. Kalo itu aku kurang setuju ya, mereka masih terlalu kecil. HP itu kan kebutuhan tersier ... kalo buat anak2ku sih Insya Allah nggak perlu :)

    Lha wong Rene aja dapet HP dari ortunya pertama kali pas udah ikut wajib militer!
    Apalagi aku nih ... pegang HP pertama pas udah ada Florian ... wahahaha :)) *lagian juga nggak begitu butuh*
    Jadi, anak2ku juga harus bisa merasakan hidup prihatin (uang saku pas2an, no HP sampe cukup umur :D, no dugem, no nodong ortu :D ... )
    Mereka harus tunjukkan dulu kalo mereka juga BISA cari duit dengan cara halal, harus merasakan susahnya dapet duit se sen!
    Harapan kami, mereka bisa lebih hati2 sama duit & nggak bergantung terus sama ortu :)
    Intinya: Pelit sama anak! :D
    Demi kebaikan mereka juga kok :)

    Cita2nya Naila hebat!!!
    700 ribu emang buanyak buanget deh! Gaji pertamaku dulu 450 ribu rupiah & itu sudah sangat amat banyak sekaleee ... karna aku bisa makan ayam goreng seporsi penuh tanpa harus berbagi dengan siapa2 ... hehehe ... senangnyaaa!

    Good luck, Naila *hugs*

     
  • At 9:36 AM, Blogger ratnaningsih said…

    sepakat mbak untuk bawaiin anak-anak bekal.

    naufal yang gak dikasih uang saku aja bisa dapat es dari temennya.dan jadi sakit.

    saya sih sudah bolehin naufaluntuk jajan sehari 2 kali dengan pendampingan biar jajan gak sembarangan. dulunya sih penginnya gak kenal jajan, tapi ternyata beradaptasi dengan temen-temen dirumah yang sudah kenal jajan walhasil tau jajan dan depan rumah warung.

    bagi anak anak (seumuran naufal) sih uang amazing banget.
    pernah naufal ikut belanja diwarung dan lihat uminya dikasih kembalian. komentarnya naufal umi mba tri (yang punya warung) baik ya kasih umi uang.

    naila mat meraih cita-cita jadi guru.

     
  • At 11:53 AM, Blogger Nia said…

    Wah, cita-cita Naila sama dgn cita-cita Nia wkt msh jd anak-anak mbak. Mo jadi guru :D Tapi dulu Nia mo jd guru krn suka banget plus kagum ama guru TK Nia yg cantik en baik hati.

    Soal uang saku, jaman Nia SD dulu diksh uang saku 500 rupiah perminggu ama ortu. Makin besar, SMA en kuliah dikasihnya uang saku tiap bulan sekali :)

     
  • At 3:12 PM, Anonymous Anonymous said…

    haha..naila, ngingetin masa kecil daku dulu yah mba, cita-cita ku termotivasi dari orang yang kita liat... walopun sekarang totally berubah hehe... yang penting keep trying dan belajar yah naila, alam dan lingkungan adalah guru yang terbaik. Apapun cita2 naila insyaAlah bisa terkabul amiinn...
    btw, dikau cantik deh Naila ;)

     
  • At 12:41 PM, Anonymous Anonymous said…

    Mbak, waktu kecil dulu aku juga sempet punya cita2 pengen jadi Guru. Sebelum kemudian jadi insinyur, arsitek, dokter dan lain-lain :))

    Waktu ulang tahun yang keempat, Bianca aku beliin celengan. Dia rajin banget ngisi celengannya. Katanya kalo udah penuh mau dibeliin mobil buat Ibu... ;-)

     
  • At 8:28 PM, Anonymous Anonymous said…

    hihihihi, baguslah pengen jadi guru, at least nyata jadi guru, jangan cita cita jadi vice president, atow direktur, atau malah jadi milioner ... hehehehe itu lebih gubraks lagi kan ... hehehe

    baidewei, gue juga dulu pas kecil, pengen jadi guru juga, walopun dengan alasan si ibu guruku pas sd kelas satu punya bolpen tiga warna, laaah bolpen jaman dulu itu loh, yang gendut, yang bisa diturunin beberapa warnanya ... hehehehe

    'lam kenal juga ya, amalia, ..... blognya enak dibaca deh ....

     
  • At 8:15 AM, Blogger La Petite Femme said…

    aduh cita2nya mulia sekali..:) jarang lo ada yang pengin jadi guru..^_^. btw, lirikan Naila aduhai banget hehe

    Mama Malik

     
Post a Comment
<< Home
 

Daisypath Ticker

   
 

Our Birthday :
 
Lilypie 6th to 18th Ticker
 
Lilypie 5th Birthday Ticker
 
Lilypie 2nd Birthday Ticker
About Me

Amalia
Bandung, Indonesia
a Wife, Mother of 3 children, an Employee


See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox


Free shoutbox @ ShoutMix

My Family
Coretan Naila
Links
Powered by

Free Blogger Templates

BLOGGER
Free Shoutbox Technology Pioneer

since 06/10/06
Counter
Counter