Di awal-awal kehidupan kalian ... Dimana jalan yang akan ditempuh, insya allah masih panjang ... Jangan pernah lupa untuk sesekali menengok ke belakang, kenangan-kenangan yang nantinya menjadi bekal untukmu melangkah di masa datang ...

 
Monday, May 14, 2007
Mamah, boleh aku nonton sinetron ?
 

Kalimat itu dilontarkan Naila petang kemaren, setelah kami selesai berjamaah menunaikan sholat maghrib. Memang sejak 2 asisten Mamah kembali lagi, Naila 'terbebas' dari tugas mengawasi Zahra sewaktu Mamah sholat, malah rutinitas Mamah dan Naila untuk berjamaah sholat maghrib dan isya bisa dilaksanakan kembali. Alhamdulilah ...

Mamah menoleh dan melihat tatapan 'memohon' di matanya Naila. Duh... Naila, klo sudah ditatap seperti itu, rasanya jiwa raga Mamah pun rela Mamah berikan. Tapi Mamah kuatkan diri, tegarkan hati..(duh bahasa si Mamah...:-)). Karena Mamah merasa, di usia Naila yang sekarang BELUM TEPAT lah Naila untuk nonton sinetron tentang percintaan remaja. Jadi ... Mamah coba untuk tidak mengeluarkan jawaban 'TIDAK'. Mencoba membungkusnya dengan kalimat lain yang Mamah harap lebih baik dari kata 'TIDAK': "Kenapa harus nonton sinetron Kak? Memangnya Kakak ngga ada PR?".

PS.: Seminggu sebelumnya, Naila memang terkena 'LARANGAN MENONTON SINETRON SELAMA 1 MINGGU', gara-gara Naila lalai tidak mengerjakan PR sewaktu weekend, padahal Mamah sudah menanyakan berulang-ulang, mulai dari jum'at malam, hari sabtu pagi dan minggu malam. Naila selalu menjawab enteng, TIDAK ADA PR. Tapi ternyata senin pagi saat Naila sedang sarapan, dan Mamah iseng, buka-buka buku catatan Matematika, ternyata ada PR Matematika yang seharusnya Naila kerjakan di waktu Weekend.

Kembali ke petang kemarin, Naila meyakinkan Mamah bahwa memang tidak ada PR. Mamah kembali bertanya: "Sudah menyiapkan buku-buku pelajaran untuk esok hari?". Naila menjawab, "Belum. Aku mau belajar nanti saja jam 7, kalau sudah selesai nonton sinetron." Wah rupa-rupanya, keinginan buat nonton sinetron itu betul-betul kuat di dalam diri Naila. :-)

M(mencoba berdialog): "Kenapa sih Naila suka nonton sinetron?"
N(meringis) : "Habis kalau aku ngga boleh nonton sinetron, aku jadi mau nginep di rumah nenek aja."

Wah ... ada ancaman terselubung..hihi..:-). Memang kalau Naila nginep di Buah Batu aka di rumah Nenek, Naila bisa bebas nonton sinetron, lha wong Neneknya penggemar Sinetron juga...hihi..:-). Untuk hal yang satu ini Mamah pernah dikasih masukan sama Nenek Bubat. Menurut Nenek, janganlah anak-anak aka cucu-cucu perempuannya (Dina, Naila dan Nisa) dilarang nonton sinetron, karena buat anak-anak, sinetron merupakan salah satu tema/topik yang diobrolkan dengan teman-temannya di sekolah. Jadi klo teman2nya pada ngobrolin sinetron, anak-anak ngga jadi 'kambing congek', tapi bisa ikutan nimbrung, jadi ngga merasa tersisih atau beda sendiri dengan teman-temannya yang lain. Tapi Mamah teuteup TIDAK SETUJU, karena menurut pandangan Mamah, sinetron yang saat ini sedang IN, bukan sinetron yang pantas dikonsumsi oleh anak-anak seumuran Naila. Kenapa harus mengikuti arus yang salah, ciptakan saja trendsetter sendiri. Siapa tahu dengan menjadi trendsetter, teman-teman yang lain akan mengikuti...:-).

M: "Nonton sinetron itu kan ngga ada gunanya. Coba deh Naila tanya sama pa Eli -guru sekolahnya- atau aa Sani -guru madrasahnya-, pasti mereka setuju sama Mamah, kalau Naila belum waktunya untuk nonton sinetron."
N: "Kenapa?"
M: "Takutnya Naila belum bisa memilih, mana yang baik untuk dicontoh dan mana yang sebaiknya tidak ditiru dari sinetron".

Naila mulai merengut. Di sudut matanya sudah terbit air mata yang nampaknya ditahan dengan sekuat tenaga oleh Naila. BRAVO.. untuk yang satu ini, Mamah sudah banggaaa sekali. Soalnya seandainya kejadian ini terjadi setahun yang lalu, Naila pasti sudah nangis bombay...Setahun yang lalu, Keran Air Mata Naila memang sering sekali bocor ...:-).

M: "Begini saja. Sekarang Naila siapkan dulu buku pelajaran buat besok. Kalau memang tak ada PR, Naila baca-baca dulu bahan pelajaran buat besok. Kerjakan beberapa soal latihan, sekarang kan sudah tengah semester, sebentar lagi mau ujian kenaikan kelas kan? Jadi sebaiknya Naila belajar sedikit-sedikit. Kalau belajarnya sudah selesai, Naila boleh baca buku."
N: "Baca buku apa?"
M: "Naila boleh baca buku tentang Si Kembar di St Clare... Bukunya rame deh. Mamah sudah punya buku itu waktu Mamah masih SD.  Tuh ada di rak buku di atas. Mamah lebih suka Kakak baca buku daripada kakak nonton sinetron."
N: "Ya sudah... tapi betul yaaa, kalau aku sudah selesai belajarnya, aku boleh baca buku.."
M: "Iyaaa...Terima kasih Naila sudah mau menuruti nasihat Mamah"
N: "Iyaaa... nanti aku jadi kutu buku deh"
M(meringis): "Lebih baik jadi kutu buku daripada jadi kutu sinetron"

Naila tertawa... Good Girl.:-)

Yah... daripada Naila jadi kutu sinetron, Mamah lebih suka 'membelokkan' Naila untuk jadi 'Booklover'...Karena di usia Mamah yang sekarang, Mamah masih bisa mengingat betapa mendebarkannya membaca seri petualangan lima sekawan, Sapta Siaga, Pasukan Mau Tahu, Trio Detektif, Tintin. Mamah masih bisa mengingat betapa menyenangkannya berimajinasi mengadakan pesta tengah malam di asrama, seperti yang dilakukan si Kembar Sullivan di serinya St Clare, atau si Badung, merasakan betapa hangatnya hubungan antara si gadis kecil Laura dengan Pa di seri Little House on the prairie, betapa asyiknya mencoba 'menterjemahkan' bahasa Asterix yg selalu berakhiran -ix dengan bahasa si Makhluk biru Smurf...:-) Juga membayangkan dahsyatnya pertarungan Raden Rama dengan Raja Dasamuka, serta tragisnya Bisma yang kalah dari Srikandi di Perang Bharatayudha melalui komik2nya R.A Kosasih....

Semuanya terimajinasikan sesuai dengan cakupan usia Mamah saat itu, saat Mamah membacanya. Bukan interpretasi dari seorang dewasa yang coba dipahami oleh imajinasi anak seusia Naila, seperti yang akan terjadi seandainya Naila menonton sinetron Cinderela ataupun Intan. OK... beberapa sinetron mendapatkan penghargaan, seperti Nasyilla Mirdad mendapat penghargaan Yang Terpuji dari FFB untuk aktingnya di sinetron Intan (Sumpeee... Mamah ngga tahu sinetron Intan itu ceritanya apa sih ??), tapi itu bukan merupakan jaminan bahwa sinetron Intan menjadi 'layak' untuk dikonsumsi oleh anak seumuran Naila. Terlepas dari opsi yang lain seperti menonton film kartun pun bukan merupakan jaminan bahwa kartun itu memang 'layak' dikonsumsi anak-anak...:-)

Duluuu... untuk membaca buku-buku di atas, Mamah harus menyisihkan uang saku untuk meminjam buku-buku itu dari Taman Bacaan di Buah Batu. Selalu ada keinginan untuk memiliki buku-buku itu, saking Mamah sudah JATUH CINTA berat...:-). Sayang kondisi keuangan Mamah saat itu yang masih tergantung dari supply dari Kakek (Alm) tidak memungkinkan. Tapi sudah hampir 2 tahun ini, Mamah mulai 'berburu' buku-buku kenangan lama itu: SERI LIMA SEKAWAN, SI KEMBAR, MALORY TOWER, TINTIN, LAURA INGGALS, ASTERIX.. dll.. Mamah ingin melengkapi koleksi buku-buku itu, supaya Naila, Reyhan dan Zahra bisa merasakan juga nikmatnya membaca ....:-)

posted by Amalia @ 1:50 PM  
21 Comments:
  • At 3:11 PM, Blogger El van said…

    wah si mama patut dicontoh nih, teguh pendirian, emang bener siy sinetron sekarang aneh2..gk layak ditonton anak2. Naila jadi kutubuku aja yaaa

     
  • At 3:26 PM, Blogger putri said…

    Sekali-sekali dibolehin aja nonton, sambil ditemani Mama/Papa nontonnya. Nonton sambil ditemani, sambil didengarin komentar si anak, atau ortunya sambil mengomentari yg ditonton bareng bisa jadi masukan jg kok buat anak.

    Dulu Bilah jg suka ikutan nonton sinetron ama Neneknya saat di Bandung, tapi yaa...sambil ditemani nontonnya dan tidak membuat ketagihan jg kok.

     
  • At 4:22 PM, Blogger liza said…

    ternyata susah juga yah mba untuk menjaga anak ga terikut arus... apalagi pas masuk ABG, aku cuma bisa belajar aja dari mba lia hehe... satu sisi emang sih udah banyak yang komplain acara TV cuma mengejar rating pemirsa. smoga Naila bisa menjadi diri nya sendiri yah mba amiinn!

     
  • At 9:14 PM, Blogger salma said…

    Sama tuh Bun ma Salma... tiap malem ribut mau liat sinetron, kayaknya bener juga tuh anakĀ² di sekolah pada omongin sinetron, yg anak dulu ga tau jadi penasaran mau liat kayak apa supaya bisa ikutan nimbrung ngobrol.

     
  • At 4:00 AM, Blogger aku said…

    Hug.. peluuuk, ikutan meluk naila ah ya.. ikutan bangga dan haru juga. kasian sih emang, dia pasti seperti kata neneknya ya, ga bisa ngobrol di sekolah. Tapi ealaaah tu bukan ngobrol kok, gosip namanya... hihihi...

    dan bangga juga ama mamah, hihii aku contek yak, buat ntar si kaka gede :P
    Setuju deh, kalo baca itu lebih bisa mengembangkan imajinasi anak. Selesai baca, kita jadi melanjutkan isi buku dengan hayalan sendiri. Kalo nonton sinetron, habis nonton maunya segera minggu depan, nunggu sambungannya, yeee...

    pokoknya, hidup mamah :D

     
  • At 6:43 AM, Anonymous Anonymous said…

    mah, aku boleh gak nonton sinetron..?
    attar udah mandi koq..
    udah makan juga..
    udah ganti popok..
    masak juga udah beres..
    tinggal nyuci aja dikit lagi..

    boleh ya mah..??

    *hihi.. kabuurr..*

     
  • At 7:02 AM, Anonymous Anonymous said…

    Naila udah ngerti sinetron ya...gimana juga tuh sinetron banyak bgt di tv sampe anak2 ngga ada tontonan yg lainnya...tapi emang orang tua harus tegas ya..mana yang boleh di tonton dan mana yg engga ya..
    Tapi Naila jg udah ngertiin apa kata orang tua ya....salut...

     
  • At 11:52 AM, Blogger Lita Uditomo said…

    hidup mamah...;)

    emang susah jadi anak sekarang ya mah. kalo ngga nonton sinetron kyk temen2 ntar dibilang kuper, ngga ngerti mo ngobrolin apa...:(

    jadi daku kadang2 nonton sinetron juga bareng ABG2ku...hehe...pengen tau aja apa yg ditonton sama mereka. Kadang ya jadi asik aja ndiskusiin apa yg qta tonton..

    btw, aq juga penggemar komik wayangnya Kosasih loh..:D inget Gundala Putra Petir, Godam ato Pangeran Mlaar ngga ? hehe..

     
  • At 4:27 PM, Blogger Miming said…

    Di sini kita jg ngasi deal sama Perdana. Dia kita kasi jadwal hanya 1 kali seminggu nonton film serialfave nya. Film nya rating G, artinya semua usia boleh nonton. Cumaaa kadang2 materinya jg M+15.

    Beruntung dia sadar kalo gak semua tontonan boleh dikonsumsi sm anak2, krn di skul gurunya jg sll ngingetin. Jd kalo pas ada film/serial, dia hrs liat dulu ratingnya.

     
  • At 7:38 PM, Anonymous Anonymous said…

    Mamah suka membaca? kakak liat mamah sering membaca dsegala ksempatan? kalu IYA, pasti kakak akan seneng membaca...:)

    sinetron emang ga ada yg bener dalam penayangannya, pilu dgn keadaan spt ini, tp anak-2 kebanyakan pengen tau klu melihat drama tertentu, mungkin skali-2 ikutin sambil nemenin, setelah selese, tanya deh "Sekarang hikmah apa yg bisa kita ambil dari sinetron tadi? boleh ga kita membentak, memaki? klu tidak boleh, utk apa ditonton? menghabiskan wkt kan?...just want to know what 'buah hati' opinion kan Mah...

    panjang yeuh...
    sono oge, abi asa hese BW, tos seueur kegiatan pengkajian dan FLP,...

     
  • At 9:05 PM, Blogger kiky f said…

    makanya Mhah, tipi dirumah emnag ngga saya biasain idup...Off mulu, gue lebih demen nongkrong depan kompi...so...anak2x maunya juga ngerecokin depan kompi...hihihi
    tapi hebat deh si kakak, bener2x anak sholehah, nurut ama ortu...no doubt where the gen comes from...:)

     
  • At 3:27 AM, Blogger Inayah said…

    emang susah ngawasin anak-anak buat ngikut aturan kita ya teh, bener kata teteh mereka pan belom tau mana yang baik ma yang jelek.

    Biarpun acaranya anak-anak, kadang tetep aja iklannya sinetron orang gede, atau horo...nah yang ini pernah bikin anak saya jadi borangan...

    Mudah-mudahan teeh nemu jalan yag terbaik buat anak-anak.

     
  • At 10:09 AM, Blogger Nia said…

    Salut banget ama cara mbak Amalia menghadapi Naila. Bener mbak mendingan baca buku daripada nonton sinetron. Sejak tinggal di sini Nia jg ga pernah ngikutin sinetron lg walaupun bs nangkep SCTV.

     
  • At 10:24 AM, Blogger Nita Fernando said…

    Hwa...jd inget dulu aku pernah punya koleksi buku Perang Baratayuda, Bukunya gede, gambar2nya item putih, trus kek kertas koran .... dulu seneng banged punya buku ituw, yg ada gag pengen belajar, malah pengen baca buku itu terus, hihihi ....

    Sinetron? ke laut ajah ... hahhahaha,

    Duh bisa gag ya aku tegas bin disiplin kek Teteh, soale aku plg gag bisa liat orng memelas :( hehehe,

     
  • At 11:06 AM, Anonymous Anonymous said…

    Salut banget niy dengan cara mbak Amel mengarahkan Naila dan menolak secara halus untuk menonton sinetron, bisa diteladani. Betul banget mottonya ; lebih baik jadi kutu buku daripada jadi kutu sinetron...he..he..he.. Salut juga dengan kaka Nayla.

    PS : soalnya nonton yang kayak gini memang bikin "addicted".

     
  • At 2:11 PM, Anonymous Anonymous said…

    setuju kalo anak ga boleh nonton sinetron..

    jadi inget, dulu kayaknya saya satu2nya anak SD Taruna bakti yg ga nonton Voltus.. hehehehe..

    tapi kalo memang Teh Lia ada waktu, sekali2 kasih pengecualian, Naila boleh nonton asal didampingi. dan hanya satu sinetron. skrg kita bayangin kalo kita jadi anak2 seumuran Naila, dengan peer pressure yg sangat kuat kayak sekarang, salah satu yang paling dihindari anak adalah 'ga diterima sama lingkungannya' kan?

     
  • At 4:44 PM, Anonymous Anonymous said…

    mamah hebattt
    naila hebattt
    dua jempol!!! :D

     
  • At 12:01 PM, Blogger keluarganugraha said…

    *mengelus dada* phiuuuuh, untung teh di sini gag ada sinetron... :D

    tapi adanya friseks.. wakwaaaooooowww... woehehe.... :D

     
  • At 4:01 PM, Blogger Ninis said…

    Pa kabar 3 Engel aus Bandung en Mamah-Papahnya ... hehehe ...
    Moga selalu sehat semua! Aminnn...

    Aku dulu juga suka nonton sinetron, Teh *jaman SMA*, pas kuliah nggak bisa nonton lagi karna nggak punya tipi :D
    But, aku setuju ama cara mendidik Teh Lia. Tegas, meski penuh kelembutan :) *moga2 aku bisa seperti Teteh*

     
  • At 9:43 PM, Anonymous Anonymous said…

    Setuju, selama mutu tontonan TV masih tidak membangun, lebih baik saat nonton TV dipasangin film kartun aja :)

     
  • At 7:51 PM, Blogger Ully said…

    Bener, bener dan benerrr...
    Aku juga paling gak demen nonton sinetron, tapi nenek dan inyiknya Reyhan paling hobi. Untung Reyhan cowok, jadi dia juga gak demen. Akibatnya, sekarang dia gak mau lagi nginap dirumah neneknya karena pasti dicuekin yg asik nonton sinetron. Hehehe....

    Wah, mbak, kita samaan banget sih. Aku juga dulu paling suka sama si kembar, malory towers, 5 sekawan, dll dst itu. R.A kosasih juga. Makanya sampe hafal pandawa/kurawa dan keturunannya. Berlawanan sama suami yg jawa asli tp kurang doyan baca dan gak pernah baca cerita itu, jadi gak ngerti deh dia.

     
Post a Comment
<< Home
 

Daisypath Ticker

   
 

Our Birthday :
 
Lilypie 6th to 18th Ticker
 
Lilypie 5th Birthday Ticker
 
Lilypie 2nd Birthday Ticker
About Me

Amalia
Bandung, Indonesia
a Wife, Mother of 3 children, an Employee


See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox


Free shoutbox @ ShoutMix

My Family
Coretan Naila
Links
Powered by

Free Blogger Templates

BLOGGER
Free Shoutbox Technology Pioneer

since 06/10/06
Counter
Counter