Di awal-awal kehidupan kalian ... Dimana jalan yang akan ditempuh, insya allah masih panjang ... Jangan pernah lupa untuk sesekali menengok ke belakang, kenangan-kenangan yang nantinya menjadi bekal untukmu melangkah di masa datang ...

 
Sunday, June 24, 2007
Kabar Suka & Duka
 
Alhamdulilah,masa ujian Naila sudah lewat. Mamah sangat bersyukur,bahwa Naila dapat melalui masa ujian ini dengan baik.Malah jauh melebihi ekspektasi Mamah terhadap Naila selama ini.BUKAN ... Mamah tidak sedang bicara mengenai nilai-nilai yangNaila dapatkan di ujian kenaikan kelasnya. Bahwa kemudian Naila mendapatkan hasil yang sangat memuaskan itu adalah 'efek samping' dari usahayang Naila lakukan selama 4 hari masa ujiannya dari tanggal 18-21 Juni kemarin.

Mamah kenal seorang ibu, yang pada pembagian raport tengah semester kemarin, mensyukuri angka-angka yang tercantum di raport anaknya."Padahal si X itu (aka anaknya) enggak belajar loh selama ulangan umum kemarin, bahkan sehari-hari pun, kalau mau ada ulangan si X ngga pernah belajar, tapi hasilnya bagus-bagus". Mamah saat itu tersenyum, tak berkomentar. Senyum yang berarti ucapan "Selamat, Anda memang punya anak yang cerdas".


Tapi kalau buat Mamah, mengharuskan Naila belajar di saat ulangan umum, atau belajar di kala ada jadwal ulangan harian, adalah suatu bentukpembelajaran supaya Naila tahu, bahwa untuk mencapai suatu prestasi atau cita-cita itu selalu ada usaha yang harus dilakukan. Bahwa sesuatu di duniaini harus dicapai melalui suatu usaha/kerja keras. Bahwa ketika kemudian Allah sudah membekali kita dengan suatu kecerdasan yang merupakan anugerah,makaanugerah itu harus kita kembangkan,harus kita upayakan untuk mencapai suatu hasil yang maksimal.


Setiap hari sekolah, Mamah membiasakan Naila untuk membaca-baca bahan pelajaran esok hari/mengulang pelajaran yang kemarin. Mamah berharap Naila dapat melihat bahwa apa yang dicapai/didapatnya adalah buah/hasil dari usahanya. Bukan suatu kebetulan atau pun suatu kewajaran yang pasti didapat tanpa suatu usaha.


Mamah bersyukur sekali, kalau sekarang Mamah melihat banyaaak sekali kemajuan dalam diri Naila terutama dari segi tanggung jawab dan disiplin diri. Masih 1/2tahun yang lalu, di kala musim ujian,pagi hari Mamah mewanti-wanti Naila, supaya latihan soal sepulang ujian,sehingga malam harinya dikala belajarnya bisa ditungguiMamah, tinggal tanya jawab saja. Pagi Naila menyanggupi, tapi ketika sore hari Mamah pulang, Mamah harus menerima kenyataan kalau sebagian besar soal yang mamah buattidak Naila kerjakan, dan Naila menghampiri dengan mengemukakan berbagai alasan sebagai excuse tidak dikerjakannya soal-soal latihan itu.


Tapi 4 hari kemarin, kejadian itu tidak terulang lagi. Setiap sore Mamah pulang, semua soal sudah selesai dikerjakan Naila, jadi malam harinya, Kami tinggal membahas soal-soal yang Naila salah kerjakan,dan tanya jawab. Tidaklah heran, Naila mendapat nilai-nilai yang membanggakan....:-)


Jadi semua nilai-nilai dibawah ini pure hasil usahanya Naila yaaa ....:


Agama : 10
B. Sunda : 9,66
Sains : 10
B.Inggris : 9,9
P. Sosial: 9,25
KTK : 8,9
Mat : 9,81
OR : 9,25
TIK : 8,5
B. Ind belum 'launching' hasilnya ...:-)


Jadi Mamah sudah langsung bersiap-siap untuk memenuhi janji, membelikan flash disk untuk Naila. Sengaja, Mamah akan membelikan flash disk ini sekarang,dan tidak menunggu pembagian raport dulu,karena berapa pun 'rangking' kelas yang Naila duduki nanti, sudah tidak penting lagi. Bagi Mamah, rangking itu hanya hasil sampingan dari hasil yang Naila dapat atas usahanya. Mamah lebih suka mengapresiasi sikap tanggung jawab dan disiplin yang Naila sudah perlihatkan kemarin.


Tapi seperti sebuah pepatah yang menyatakan bahwa kehidupan itu seperti sebuah roda yang berputar, di saat Mamah sedang berbahagia dengan hasil ujian Naila, Mamah punmendapat cobaan. Nenek Buah Batu dan Mang Ai (Adik kandung Mamah) saat ini sedang dirawat di RS Boromeus- Bandung, karena terkena penyakit Demam Berdarah. Mohon doadari semua teman-teman blogger, mudah2an keduanya dapat segera sembuh dan kembali beraktivitas seperti biasa.


Tak cukup dengan itu, di saat waktu Mamah juga tersita untuk bolak balik rumah dan RS, terutama untuk menemani/menunggui Nenek, ternyata Mamah pun diharuskan untuk mengikuti seminar ke-III Kursus Kepemimpinan selama 4 hari mulai selasa 26 Juni - jum'at 29 Juni di Lembang. Yang berarti, Mamah harus meninggalkan anak-anak dan juga tidak bisa menunggui Nenek Buah Batu. Padahal selama Seminar ke-I dan ke-II, Nenek Buah Batu lah yang mensupport Mamah dan menjaga ke-3 krucil Mamah di rumah.


Dilema,karena jika Mamah menolak pergi,maka Mamah akan dinyatakan tidak lulus dalam Kursus Kepemimpinan ini. Sementara jika Mamah pergi, kasihan Nenek Buah Batu tidak bisaditunggui Mamah....hiks...hiks... dan tentu saja Mamah tidak tenang,karena meninggalkan anak-anak hanya dengan asisten di rumah...hiks...hiks...
Dan Mamah pamit dulu dari kegiatan BW selama 1 minggu ke depan, berhubung tidak adanya akses internet di tempat seminar nanti dan berdasarkan pengalaman seminar I & II ketatnya jadwal pun tidak memungkinkan untuk mengakses i-net lewat HP sekalipun.... Miss you all...
Mudah2an segalanya akan kembali baik di dunia Mamah yaaa...Mohon doanya saja...
posted by Amalia @ 1:37 PM  
21 Comments:
  • At 3:42 PM, Blogger Inayah said…

    Selamat buat Naila...pinter euy, duh kalau saya di tes bahasa sunda mah pasti eleh!

    Take care ya teh...

     
  • At 4:03 PM, Blogger salma said…

    Naila hebat ya nilainya bagus semua..
    Mama tenang aja biar rumah sini aku tunggu`in, atau boleh kirim kesini krucilnya hahaha... bisa ga ya aku ngurus? hihi.
    Buat nenek semoga cepet sembuh ya :)

     
  • At 4:09 PM, Blogger si kiky said…

    wah,...hebat kak naila...dikasih hadiah apa?
    cepet sembuh ya nenek...

     
  • At 9:47 PM, Blogger TomInta family said…

    Waa selamat ya Naila..
    Kerja keras dibarengi doa Insya Allah akan menghasilkan hasil yang tidak mengecewakan.

    Duh kabayang si Mamah pasti bingung ya.. kaditu salah kadieu salah. Di lembang teu puguh cabak, teu kalembang kumaha oge..
    Mudah2an minggu ini akan terlewati dengan baik oleh semua.Amiin Insya Allah..
    cepet sembuh ya Nek....

     
  • At 5:24 AM, Blogger Nia said…

    Asik, Naila bakalan dpt flashdisk impian niy :)

    Semoga Nenenk Buah Batu cpt sembuh ya mbak. Met seminar =)

     
  • At 7:25 AM, Blogger Nita Fernando said…

    Buat Naila, selamat ya atas hasil yg didapat .... emang bener kan kata pepatah, rajin pangkal pandai .... Ranking urusan sekian lah Mom, yg penting usaha yg dilakukan seorang anak dan nilai yg didapat :)

    Buat Nenek dan Mamang, moga2 cepet sembuh ya, cepet pulih dan sehat ....

    Buat Teteh, memang dilema, tapi itu bukti klo teteh pasti sanggup kan teh? hehehehe .... go teteh go ....

     
  • At 3:22 PM, Anonymous Anonymous said…

    Teh.. selamat ya buat keberhasilan Naila di sekolah... memang kok, yang penting usaha maksimal. hasil mah udah ada yang ngatur.

    tapi jadi malu nih, dulu saya gw sok kitu, pemalaaassss pisan. kacipta ih apalagi pas di Jerman dulu, bandel ga ketulungan. alhamdulillaah sekolah mah ga kepengaruh.
    moga2 ga nurun ke meine Naila :D.

    moga2 Nini cepet sembuh, dan pelatihannya sukses ya. kalo tahap 3 udah selesai, siap jadi boss atuh? hehehehe...

     
  • At 7:59 AM, Blogger Bude Judes said…

    wah nilainya bikin iri.... Selamat yaa, Naila..

     
  • At 1:49 PM, Blogger Krisna Muslim said…

    Selamat buat naila... buat om dan neneknya semoga cepet sembuh

     
  • At 4:28 PM, Blogger Ninis said…

    Nailaa... selamat ya ... hebat hebat! Nilai2nya mengagumkan! *jempol*

    Teh, hidup adalah pilihan, meski kita selalu dihadapkan pada pilihan yang berat. Tapi aku yakin, Teh Lia selalu bijak dalam mengambil keputusan! ;)

    Semoga Nenek & Mang Ai cepet sembuh. Amin ...

    Take care, Teh ... Will miss you, your kids & your stories!!

     
  • At 6:12 PM, Blogger Ibujawa said…

    wah hebat euyyyyyy..selamat2..pasti mamanya bangga banget..:) bagi2 tips & triknya dong..

     
  • At 2:08 PM, Anonymous Anonymous said…

    Selamat ya Kakak Naila...meski nilainya sudah bagus, terus belajar ya kak.

    Mbak, turut doain untuk kesembuhan nenek buah batu dan Mang Ai.

     
  • At 2:57 PM, Blogger El van said…

    wuiiiiih Naila pinter yah... bikin mama papa bangga. Nenek Aki cepet sembuh yah... biar bs nemenin anak2 while mamanya lg seminar =D

     
  • At 12:35 PM, Blogger Toko Fiara said…

    weleh..weleh.. B.Sunda 9,66? jago pisan yak.. aku dulu 3th teh sekolah di Cilegon n ada pelajaran bahasa Sunda.. gak pernah deh mencapai nilai 8 hahahaha.... susyeeeeeeehhh....
    mudah2an Nini & Mang Ai cepet sembuh yaaaa.. :D

     
  • At 7:01 PM, Blogger Mamah Ani said…

    memang yang penting sih prosesnya kan ? hasilnya sih akan mengikuti...Naila hebat, sudah bisa rajin belajar sebagai sebuah proses.....kata anak si mamah, knapa ya ibu ibu tuh kalau pas hari dibagi raport nanyanya cuma bisa :ranking berapa ?...kan masih banyak pertanyaan lain...pelajaran apa yang paling disukai? gimana cara belajarnya ? Ranking? itu kan hasil dari prosesnya aja bukan ?...sekali lagi, bravo buat Naila yang rajin belajar....

     
  • At 4:12 PM, Blogger liza said…

    selamet yah naila, smoga naila bisa mempertahankan & meningkatkan csrs belajarnya amin. Mba lia apa kabar? panggilan adik iman razaq atau abdul mba :) makasi ya mba lia... misss u too :)

     
  • At 9:15 AM, Anonymous Anonymous said…

    subhanallah...naila makin pinter bertanggung jawab. hasilnya alhamdulillah memuaskan.

    smoga prestasi ini tetap dipertahankan yah

    *de...gaya nulis lo kaya tulisan wali kelas dirapot aja* hehehehe

    tp emang bener kok...naila CERDAS!

    teh...smoga nini cepat sembuh yah. do'a kami menyertai

     
  • At 10:25 AM, Anonymous Anonymous said…

    cool! nilainya keren semuah...!
    selamat ya Naila, juga mamahnya yang selalu sabar membimbing.
    *semoga daku bisa menirumu ya Mah*

    Nenek dan Mang Ai semoga sudah sehat kembali ya sekarang...

     
  • At 2:27 PM, Blogger Rich said…

    Wah... nilainya bagus,bagus nih Nayla, selamat ya.... salam kenal Bun, tukeran link yuk... makasih ya....

     
  • At 9:43 PM, Blogger Hannie said…

    wahhh... hiks. tante jadi ngiri nih, tante Hannie aja belom pernah dapet nilai 10 di raport! hahahaa.. hebat ya Naila :)

     
  • At 11:21 AM, Blogger aku said…

    Ikutan bangga dengan Naila :)

    Bener mah, kalo mendapatkan sesuatu sebagai hasil usaha suka lebih nimkat gitu. Padahal ga semuanya didapat tanpa usaha looh, kebanyakan malah harus dengan usaha, jadi kalo naila udah rajin begitu, moga2 jadi terbiasa dengan hal lain yaa...

    Trus, moga2 yang lagi sakitnya cepet sembuh yaaa...
    Kebayang mamah bingung sana-sini, moga2 cepet beres semua deh yaa..

     
Post a Comment
<< Home
 

Daisypath Ticker

   
 

Our Birthday :
 
Lilypie 6th to 18th Ticker
 
Lilypie 5th Birthday Ticker
 
Lilypie 2nd Birthday Ticker
About Me

Amalia
Bandung, Indonesia
a Wife, Mother of 3 children, an Employee


See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox


Free shoutbox @ ShoutMix

My Family
Coretan Naila
Links
Powered by

Free Blogger Templates

BLOGGER
Free Shoutbox Technology Pioneer

since 06/10/06
Counter
Counter